Sunday, June 8, 2014

Ucapan Salam : Budaya Arab atau Perintah Allah?

Itulah yang ditanyakan putri saya (kala itu ia masih kelas 2 SD). Bingung juga, di samping langkanya pembahasan ini hal ini, faktor jarangnya saya menghadiri pengajian barangkali juga berpengaruh. 

Yang terakhir ini sih menurut pendapat pribadi dapat diatasi, salah satunya dengan banyaknya buku-buku agama yang saya tumpuk di perpustakaan pribadi yang belum dibaca. Mengapa? Sebagai seorang blogger selama ini saya memang banyak berkutat di bidang bisnis dan keuangan, trus riset kata kunci yang banyak dicari. 

Akibatnya, ketika timbul pertanyaan menyangkut akhlak atau moral Islam seperti ini membuat saya bergerak cepat. Saya segera membaca buku agama setelah anak saya tidur, esok paginya barulah saya menjawab pertanyaannya sesuai janji.

Ini jawaban versi saya ( dalam mendidik anak ) :
  1. Akhlak Islam adalah tuntunan budi pekerti yang disampaikan oleh Nabi Muhammad untuk umat manusia, yang bersumber dari Al Quran dan hadist. Jika ada yang mengatakan berasal dari budaya Arab, harus diingat Islam lahir di Arab untuk memperbaiki moral abad Jahiliyah yang tidak menghargai manusia.
  2. Ucapan salam bertujuan untuk  menghormati manusia, seperti perintah Allah melalui firmannya dalam Al Quran di Surah An Nur ayat 27 : O you have believed, do not enter houses other than your own houses until you ascertain welcome and greet their in habitants. That is best for you, perhaps you will be reminded. Artinya  : Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat.
 Jadi, ucapan salam - Assalamualaikum merupakan doa sekaligus merupakan bentuk penghormatan kepada makhluk ciptaan Tuhan (manusia) yang sempurna. Alangkah mulianya ajaran moral Muhammad.

Assalamulaikum....!!
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment