Tuesday, September 6, 2011

Apakah arti Alif Lam Mim ?

Dalam salah satu ceramah, Buya Syakur Yasin menjelaskan makna dari Alif Laam Miim sebagai berikut:
Huruf-huruf seperti Alif Lam Mim yang mengawali surah Al Baqarah atau huruf-huruf lainnya yang mendahului surah lain misalha Shiin, Qaaf,Thahaa, Yaa Siin dan lainnya merupakan pemberitahuan bahwa Al Quran yang diturunkan ini akan menggunakan huruf-huruf atau simbol-simbol yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Yang kedua, huruf-huruf tersebut merupakan sinyal-sinyal, untuk menarik perhatian kita bahwa isi Al Quran itu mengandung arti yang sangat penting. Ingat saat terjadi suatu kecelakaan, pesan korban yang masih hidup secara standar adalah SOS (Save Our Soul). 



Versi Blogernas
Berikut ini adalah pendapat salah seorang rekan di facebook, apa itu arti Alif Lam Mim dan hasil rekaman diskusi bebas yang digalang di grup blogernas di Facebook.

Pertama, menurut ahli tafsir hanya Allah yant tahu artinya
Kedua, ada yang berpendapat Alif=Asma, semua makhluk mempunyai nama sebutan. tetapi semua nama itu hanya sebutan saja, karena sesungguhnya Alloh mengakui semua nama itu miliknya, Lam= Laa maujuda illalloh, semua yang berwujud pada hakikatnya adalah Dzatnya Alloh, Miim= Muhammad, dalam arti sifat2 siddiq, amanah, tablig, fathonah.

Inilah uraian dari Hera Albert yang mencoba menyampaikan opininya tentang makna Alif Laam Miim di grup Blogernas Facebook
- Alif Laam Miim selalu berada diawal, diayat 1 dlm setiap surah2, contoh : Al Baqarah, Al- Imran, Al-Ankabut, Ar-Rum, Luqman....dimana biasanya pd ayat ke 2 dan selanjutnya surah2 tsb. adlh penjelasan, penyempurnaan Al Qur'an thd apa yg terjadi dlm masa kitab2 suci sebelumnya (Taurat, Zabur,injil).

-Alif Laam Miim (baca : Taurat, Zabur; injil) dlm setiap surah2, bahkan sering diulang dlm ayat 1 Al Qur'an, mungkin utk mengingatkan kita akan adanya kaidah dlm kitab suci sebelum Al Qur'an dan Al Qur'an adalah penyempurnanya...

-Alif Laam Miim...bisa mengingkatkan kita (saya) dlm mencari persamaan, persatuan rasa, esensi dlm beragama bukan perbedaan spt yg sering terjadi sekarang ini.

Alif Laam Miim... TAURAT+ZABUR+INJIL=AL QUR'AN... bolehkah saya artikan sebagai : aku+kamu+dia (kalian)=kami(kita) dlm beragama???
jelekkah arti ini sbg penyatu umat manusia pencari damai ??
inilah dasar salah satu dari Rukun Iman Islam : percaya kpd kitab2 suci Allah...taurat, zabur,injil, qur'an...

Dlm Alif Laam Miim=Taurat Zabur Injil, bukan hanya diartikan sbg Allah Jibril Muhammad....tapi lebih jauh dari itu, yaitu : kitab2 suci yg diturunkan ALLAH, diturunkan melalui JIBRIL, disampaikan kpd MUHAMMAD TANPA MELUPAKAN RASUL2 SEBELUM BELIAU....
Dan Al Qur'an adalah yg terakhir, yg tersempurna isi dan maksud yg terkandung didalamnya.

Rahasia terbesar Ilahi ada didalam ke 4 kitab suci yg diturunkan NYA, bukan hanya sekedar kata2 dan nama2 singkat.
Alif Laam Miim diucapkan berulang2 dlm Al Qur'an untuk mengingkatkan umat Islam akan kebersamaan dlm beragama, termasuk agama2 yg di sebarkan oleh para Rasul sebelum Nabi Muhammad SAW bersama kitab2 sucinya.

Ini hanya sekedar masukan, saya tidak bermaksud bersaing dgn para ulama terkenal, tidak juga bermaksud memperjual belikan opini keagamaan saya.
Ini hanya opini dari seorang umat, mohon maaf jikalau ada yg tidak berkenan, saya bukanlah menentang arti2 dan tafsiran2 yg sudah ada tentang Alif Laam Miim=Allah Jibril Muhammad...saya hanya ingin menafsirkan sedikit lebih jauh dari itu, dimana rahasia Ilahi itu sangat banyak dan saya juga tidak akan memaksakan anda semua untuk menerima opini saya yg awam.

Bagaimana menurut pendapat anda semua, publik Blogernas?? saya yg awam masih ingin bertukar pendapat dgn para ahli disini sekedar menambah ilmu buat saya pribadi, gak apa2 ya kalau jawaban dan diskusi2 saya kadang2 aneh bin ajai

10 comments:

  1. Dalam konteks surah Al-Baqoroh, huruf alif-lam-mim pada ayat ke-1, adalah tidak terpisah pengertian (tafsir)nya dengan ayat-ayat yang selanjutnya, yaitu “dzalikalkitabu laroeba fihi hudalilmutaqin…” dan seterusnya hingga ayat ke-5.
    Jadi pengertian/tafsir sederhana seperti saudara yang anda tulis di awal paragraf artikel anda yg ini:
    Alif= Allah,Lam=jibril,dan Mim = Muhammad

    Bisa/dapat dijadikan pijakan yang baik dan sederhana dan inshaAllah tidak menyesatkan. Karena bila kita tafakuri bersama, silahkan perhatikan/kaji arti/tafsirkan mulai dari ayat ke-2 hingga ke-5, jelas sekali didalamnya terkandung formula (rumusan) lanjutan yang menjelaskan alif-lam-mim pada ayat ke-1.
    bahasa sederhananya sebagai berikut:
    “Petunjuk yang diturunkan dari Allah melalui Jibril kepada Muhammad”.
    “Kitab (Qur’an) ini tidak ada keraguan didalamnya, merupakan petunjuk bagi orang yang takwa”.
    “Takwa = orang beriman kepada yang ghaib (asing/belum tahu/tidak tahu/tidak kelihatan) + orang yang mendirikan sholat + orang yang bersedekah/berinfak dari rezeki yang ia terima”.
    “Takwa = orang yang beriman kepada kitab/petunjuk/Qur’an ini + termasuk beriman kepada kitab-kitab sebelumnya + beriman kepada akhirat”.
    “Takwa = orang yang akan mendapatkan petunjuk yang lurus/benar dari Tuhannya (petunjuk yg sebagaimana selalu dimohonkan dalam surah sebelumnya, yaitu Al-Fatihah), mereka yang takwa inilah orang-orang yang beruntung”.
    wassalam…

    ReplyDelete
  2. Sedangkan maksud saudara bahwa kitab-kitab atau petunjuk-petunjuk sebelum Qur'an (Torah, Zabur, Injil), dalam surah Al-Baqoroh tsb juga sdh dinyatakan dalam ayat ke-4, yaitu disebut sbg '...dan yang telah diturunkan sebelum engkau...' dan bahkan maksudnya juga tidak hanya 3 kitab yang tsb tadi (torah, zabur, injil), karena yg dimaksud 'sebelum engkau (Muhammad)...' adalah juga termasuk suhuf-suhuf/petunjuk-petunjuk yang diturunkan/diberikan kepada para nabi pendahulu jauh dibelakang Musa, seperti Ibrahim dst ke para pendahulu sebelumnya...

    ReplyDelete
  3. ingat rahasia allah tidak ada yang tahu, kalau kamu memaksakan mencarinya niscaya kamu akan jadi GILA

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa gak boleh kita sedikit mencari jln kebenaran melalui pndapat serta pengertian yg kita ketahui agar bisa lebih mendekatkan diri kpd Sang Kholiq

      Delete
  4. Allah-laailahailallah-muhammadarosulullah

    ReplyDelete
  5. Postingan bagus. Mari mampir sini: http://rajapena.org/alif-lam-mim-dalam-al-quran-surat-al-baqarah/

    ReplyDelete
  6. Mau tanya kak... knp harus aku + kamu + Dia?????

    ReplyDelete
  7. GOOD SHARE. TAPI WALAU BAGIAMANA PUN ARTINYA TETAP MASIH DALAM RAHASIA ALLAH. KRN ALIF LAM MIM ITU SENDIRI ADALAH PAPARAN ILMU ALLAH YG HRUS DICARI DI PAKAIKAN DITADABURI DI AMALKAN UNTUK KHIDUPAN DUNIA SBLUM MENEMUI KEMATIAN. ALIF MENANDAKAN KE ESAANNYA ALLAH. LAM DAN MIM ADALAH MAUNYA ALLAH YG HARUS DI IKUTI OLEH SETIAP HAMBA CIPTAANNYA YAKNI MENJAGA HUBUNGAN BAIK DGAN ALLAH DAN MENJAGA HUBUNGAN BAIK DGAN SESAMA INSAN CIPTAAN ALLAH. MESKI HUBUNGAN TERSEBUT DIBUAT TELAH TERLAKSANA TUJUANNYA TIDAK LAIN TDAK BUKAN ADALAH TETAP UNTUK MENGAKUI AKAN KE ESAAN ALLAH BAHWA TIADA TUHAN SELAIN ALLAH NABI MUHAMMAD RASULULLAH ADALAH KEKASIH NYA ALLAH

    ReplyDelete
  8. Kalo di nasrani, Bapa sebagai keberadaan yg berkehendak, mengutus. Putera adalah semua manusia yg keberadaan sebagai utusan yg turun ke dunia yg punya misi sesuai kehendak Bapa. Roh Kudus, adalah keberadaan yg suci, diri manusia yg sejati, guru sejati, menyertai pikiran agar senantiasa ingat akan tugas ke.Illahian. Ketiganya adalah Tunggal.

    ReplyDelete