Wednesday, July 18, 2012

Panduan Ringkas dan Lengkap Puasa Ramadhan

Shaum Puasa
Definisi : Menahan diri dari makan, minum dan jima' (berhubungan badan dengan perempuan) dengan niat (karena Allah) mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari dengan menjauhi larangan-larangan dan hal-hal yang dilarang oleh Allah Swt.

Syarat wajib puasa
  1. Islam
  2. Baligh
  3. Berakal
  4. Tidak memiliki udzur syar'i
Udzur-udzur syar'i
  1. Karena sudah sangat tua
  2. Karena sakit keras
  3. Dalam perjalanan
  4. Hamil, haidh, nifas dan menyusui
Bagi yang sudah tua diganti dengan fidyah, sedang udzur dan lainnya diqadha (diganti dengan puasa) setelah udzur itu hilang.

Rukun Puasa
  1. Berniat, dilakukan tiap hari di malam hari. Niat tempatnya di hati dengan bahasa apa saja, tidak boleh berniat sekaligus untuk satu bulan puasa.
  2. Menahan diri dari segala yang membatalkan puasa mulai terbit fajar sampai terbenam matahari.
Sunat Puasa
  1. Makan sahur, disunatkan menjelang subuh
  2. Menyegerakan berbuka
Yang membatalkan puasa
  1. Makan dan minum dengan sengaja
  2. Jima' (bergaul suami istri)
  3. Muntah dengan sengaja
  4. Keluar mani dengan sengaa
  5. Keluar darah haid dan nifas
  6. Memasukkan sesuatu ke dalam rongga perut atau kerongkongan
  7. Murtad
  8. Niar berbuka dalam keadaan puasa
Keutamaan Puasa
  1. Balasan khusus dari Allah (HR Muslim dan Nasaai)
  2. Benteng dari perbuatan dosa
  3. Pengampunan dosa yang telah lalu
  4. Kegembiraan di saat berbuka dan ketika menghadap Allah
Shalat Tarawih dan Witir
Siapa yang mendirikan malam-malam Ramadhan dengan penuh keimanan dan perhitungan diampuni segala dosanya yang telah berlalu (HR Bukhari). Hukumnya adalah sunat.

Jumlah rakaat
Shalat Tarawih dilakukan 8 rakaat dan ditambah Witir 3 rakaat (HR Bukhari dan Muslim dari Aisyah). Dilakukan 2 rakaat 2 rakaat sekali salam.(HR Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah).

Adapun mengenai umlah rakaat shalat witir telah disepakati oleh ulama, boleh lima, tiga, tujuh, sembilan atau sebelas rakaat dan boleh juga shalat Witir satu rakaat. Mengulang witir bagi orang yang telah shalat witir pada awal malam atau sebelum tidur adalah tidak boleh, sebab ada larangan dari Rasulullah untuk shalat witir dua kali dalam semalam (HR Tarmizi).

Amalan Sunnah Lainnya
Pengisian malam-malam Ramadhan bukanlah dengan shalat tarawih dan witir semata. Masih banyak ibadah-ibadah sunah lainnya:
  1. Tadarus AlQuran, yaitu dengan mempelajari dan menggali Al Quran sampai tamat dalam satu bulan Ramadhan.
  2. Memperbanyak istighfar dan berdo'a selama Ramadhan
  3. Menambah wawasan keislaman, yaitu menambah ilmu dan wawasan tentang ajaran Islam, baik melalui pengajian-pengajian Ramadhan di masjid, maupuan dengan membaca buku-buku keislaman yang cukup banyak tersedia di toko-toko buku.
Lailatul Qadar
Lailatul Qadar adalah malam yang sangat mulia dan agung di mana pada malam itu Allah menetapkan segala takdirnya. Malam ini merupakan malam yang sangat fantastis yang tidak dimiliki oleh malam-malam dan hari-hari lainnya dan tidak dapat diganti dengan bentuk apapun., karena segala bentuk ibadah yang dilakukan pada malam tersebut bernilai lebih dibandingkan dengan ibadah selama 1000 bulan, yang berarti sekitar 84 tahun.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment