Tuesday, July 24, 2012

Menuju Hati Yang Bersih

Banyak hadits Nabi yang membahas masalah hati di antaranya :
Ketahuilah, sesungguhnya dalam jasad terdapat segumpal daging, apabila dia baik maka jasad tersebut akan menjadi baik, dan sebaliknya apabila dia buruk maka jasad tersebut akan menjadi buruk, Ketahuilah segumpal daging tersebut adalah “Qolbu” “. ( Hadis Riwayat Bukhori ).
Mesjid Nurul Ihsan Aspol Lolong-Padang


“Sesungguhnya Allah tidak melihat kepada jasad-jasad kalian dan tidak juga kepada rupa-rupa kalian akan tetapi Allah melihat kepada hati-hati kalian (dan amalan-amalan kalian)” (Hadits Riwayat Muslim).

Penjelasan hadits tersebut lebih kepada bentuk fisik jasad/tubuh dan paras/penampilan seorang hamba dalam beribadah kepadaNya.  Matan’ haditsnya adalah “innallaha laa yandzuru ilaa ajsamikum wa laa ilaa shuwarikum, walakinnallaha yandzuru ilaa quluubikum”. kata ajsam ini bermakna tubuh atau anggota tubuh, seperti : tangan,kaki,kepala,jari,mata dll. sedangkan kata shuwar bermakna paras/penampilan dhohir, sperti : ganteng,ayu,baju taqwa,sarung,peci,gamis,surban dll.
nah,di hadits ini menjelaskan bahwa sesungguhnya Allah SWT tidak melihat hal-hal yg diatas itu (ajsam dan shuwar) dalam ibadah setiap muslim. tetapi Allah melihat dari niat hati beribadah dari segi ketulusan,keikhlasan dan kekhusyukan hambaNya.
jadi, Allah tidak melihat dari hambaNya apakah hambaNya itu dlm beribadah kepadaNya mempunyai anggota tubuh yang lengkap atau cacat. apakah hambaNya itu berparas ganteng,ayu,jelek atau memakai sarung,surban,gamis,celana (selama masih dalam syarat sah menutupi aurat), Allah tidak melihat ibadah seorang hamba dari hal-hal itu. tetapi yang menjadi ‘penilaian’ Allah dalam ibadah seorang hamba adalah ‘niat ikhlas meng-hamba/ibadah kepada Allah’.

Cara melaksanakan manajemen qalbu :
Pembersihan Hati dari :
Syirik : keyakinan yang menandingi kekuasaan Allah, sedangkan riya adalah syirik paling kecil. Riya adalah keinginan dipunji orang lain, khususnya dalam beribadah. Dosa riya lebih besar dari zina dan pembunuhan. Baca Al Quran in English surah Al-'An'am ayat 82 : It is those who believe (in the Onenessof Allah and worship none but Him Alone) and confuse not their belief with Zulm (wrong i.e. by worshipping others besides Allah), for them (only) there is security and they are the guided. Artinya : "Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan kezaliman (syirik), mereka itulah yang mendapat keamanan dan mereka itu adalah orang-orang yang mendapat petunjuk." Obat syirik adalah ikhlas dan tingkatkan pemahaman Tauhid.

Dengki atau Hasad istilkah sekarang SMS, susah melihat orang senang, senang melihat orang susah. Obatnya adalah bersyukur atau gembira atas nikmat yang diterima orang lain.

Bid'ah : keyakinan dalam hati bahwa setiap yang baik dilakukan meski tidak ada aturannya dalam Islam. Contoh : balimau di Sumatra Barat, ziarah ke kuburan kiamat. Obatnya adalah Ikuti dan jalankan sunnah nabi.

Mematuhi kehendak nafsu : tahu kebenaran, tapi tak mau mengikutinya, mengikut nafsu untuk melakukan dosa. Obatnya kendalikan nafsu dengan agama dan takut kepada Allah.

Syubhat : sesuatu yang meragukan seperti yang sering terjadi di Indonesia yakni Ramadhan dan Hari Lebaran. Sabda Nabi : Amalkan sesuatu yang meyakinkan, tinggalkan yang meragukan" atau "Sesungguhnya agama Islam itu mudah", ikuti saja pengumuman pemerintah atau Ulil Amri.Obatnya : tinggalkan yang meragukan

Lalai : obatnya : bersemangat dan bersungguh-sungguh dalam beramal


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment